SMK Negeri 2 Lampahan Berbenah Dalam Meningkatkan Kualitas Peroses Mutu Pembelajaran

SMK Negeri 2 Lampahan Berbenah Dalam Meningkatkan Kualitas Peroses Mutu Pembelajaran

SMK Negeri 2 Lampahan Berbenah Dalam Meningkatkan Kualitas Peroses Mutu Pembelajaran. Tepatnya ditengah jantung kota Lampahan Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah, SMK Negeri 2 menempatkan diri sebagai sekolah berbasis kejuruan, Kepala Sekolah Yuslena Sagala,SPd kelahiran Lubuk Pakam 19 Juni 1974 Alumni IKIP Medan tahun 1997 Jurusan Penddikan Teknik Elektro, Yuslena Sagala,S.Pd kepala SMK Negeri 2 Bener Meriah, sebelumnya adalah Pendiri USB SMK Negeri 3 Pertanian Bener Meriah,satusatunya wanita yang berhasil mendirikan sekolah menurut Tri Wibowo salah seorang staf Sarpras di Gedung E Kementrian Pendidikan. SMK Negeri 2 terus membenahi diri dalam peroses belajar mengajar, administrasi,Kerjasama DU/DI dan kawasan lingkungan hijau.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan  pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs dan setingkat SMA, tujuan sekolah ini adalah mempersiapkan skill siswa  untuk masuk/menciptakan lapangan kerja, karena lulusan SMK bakal menjadi tenaga siap pakai dalam dunia kerja maupun dunia industri.

SMK Negeri 2  memiliki beberapa jurusan diantaranya:  1, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, 2. Desain Permodelan dan Informasi Bangunan, 3. Teknik Instalasi tenaga Listrik serta  4. Otomasi dan Tata Kelola Perkantoran. Kinerja dan kerja keras harus optimal jika ingin berhasil , ini yang selalu menjadi pegangan beliau (YUSLENA SAGALA,SPd) , karena pendidikan adalah nomor wahid , lemah kualitas pendidikan maka lemahlah ESDM pelajar, jika kualitas pendidikan bagus maka hasil ESDM pelajar pasti akan baik.Selalu membekali generasi milenial dengan yang terbaik. Dalam mengembangkan dan memajukan sekolah, SMK Negeri 2 Bener Meriah bekerjasama dengan Komite, Perangkat Desa, Kecamatan serta Polsek dan Dandim

Prioritas yang utama kami adalah Kualitas pembelajaran harus terjaga dengan baik, hal ini dibuktikan dengan kerjasama SMK Negeri 2 Bener Meriah dengan beberapa Dunia Usaha dan Dunia Industri salah satunya ASTRA HONDA MOTOR (AHM) yang berada di Sumatera Utara dan Aceh dibidang Keahlian Otomotif ( kenderaan sepeda motor ), setiap tahun  beberapa siswa yang nilai jualnya bagus langsung dapat bekerja pada ASTRA GROP/ HONDA , jadi jika kualitas ESDM siswa rendah tidak mungkin ada kerja sama dibidang otomotif ini baik, Selain itu untuk mengikuti perkembangan dunia  SMK Negeri 2 Bener Meriah memakai Kurikulum Edutecno Enterpreneur,mengikuti Teaching Factory (TEFA) tegasnya”

Dalam pembelajaran masa COVID 19 sekolah ini satu satunya sekolah se-Kabupaten Bener Meriah mengadakan pembelajaran dirumah (Daring/Luring) dengan memberikan MODUL Pembelajaran setiap bidang studi yang dibagikan kepada siswa-siswi, bahkan yang tidak mengambil modul di antar kerumah siswa/i, orang tua dan siswa sangat antusias dengan pembelajaran ini sangatlah efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran melalui Handphone yang hanya beberapa persen saja siswa mengikutinya, dengan alasan tidak mempunyai HP dan jaringan yang kurang bersahabat.Dengan pemberian modul maka tidak ada kendala dalam pembelajaran dari rumah (Daring).

Keunggulan lainnya berbagi Sembako kepada siswa/i kurang mampu, juara 2 debat Bahasa Inggris Tingkat Provinsi di Banda Aceh dan masih banyak lagi  ,inilah kepedulian SMK Negeri 2 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, dari sinilah masyarakat lebih percaya kepada sekolah ini dalam mendidik,mengajar, melatih serta membimbing anak anak mereka, buktinya pada tahun 2019 jumlah peserta siswa baru hanya 90 , dan tahun 2020 jumlah siswa peserta didik baru sudah mencapai 140 siswa/i. Ini berarti grafik sekolah meningkat dari kepercayaan masyarakat serta orang tua untuk memberikan dorongan kepada anak-anak agar belajar pada SMK Negeri 2 Lampahan. Tantangan ke depan SMK Negeri 2 ini terus berbenah disegala bidang agar dapat go Internasional

Salam  SMK BISA……!!!

Yuslena Sagala,S.Pd

Leave a Reply